Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H

Bogor (1/09/2019)- Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 1 September 2019, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nuur Hidayah meyelenggarakan malam peringatan tahun baru islam 1441 H. Peringatan Tahun Baru Hijriyah ini bertujuan sebagai syiar kepada kaum muslimin warga Griya Cimangir khususnya, untuk selalu mengingat dan menteladani Rasul dan para sahabat dalam peristiwa Hijrah demi untuk mempertahankan keimanan dan keislaman pada waktu itu menghadapi penindasan dari kaum quraisy.

Muharram merupakan salah satu bulan dari 4 bulan yang dimuliakan Allah SWT. Sebagaiaman Allah firmankan di dalam surat At-Taubah ayat 36 :

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًۭا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌۭ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةًۭ كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةًۭ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36).

Malam peringatan Tahun Baru Islam di Masjid Nuur Hidayah diawali dengan Shalat maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan pembacaan Manakib Simtud Duroor , Dzikir dan Doa memohon ampunan dan keberkahan semoga umat islam selalu diberikan perlindungan Allah dalam menjalani masa masa mendatang. Setelah shalat isya berjamaah, acara dilanjutkan dengan Pawai Obor Bersama Santri Taman Quran Firdaus, hal ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak2 akan tahun baru islam dan sekaligus menanamkan kecintaan bagi anak anak terhadap nilai nilai keislaman.

Setelah Pawai Obor, acara dilanjutkan dengan Dongeng Islam yang dibawakan oleh Kak Ubay. Dalam Dongeng Islam ini Kak Ubay menceritakan kisah seorang anak bernama Ayami yang dilandasi nilai nilai kebaikan dan kesalehan sehingga anak mendapatkan pembelajaran kebaikan melalui metode Story Telling. Semoga dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan ghiroh berhijrah bagi para jamaah MNH khusnya dan menenamkan nilai nilai kebaikan bagi anak anak. (why)