Pembukaan Kajian & Halal Bil Halal


Gunungsindur (27/06/2019), – Puasa Ramdhan dan Idul Fitri 1440 H telah dilalui, rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan pun telah selesai dilaksanakan. Bertempat di Masjid Nuur Hidayah, Rabu malam 26 Juni 2019 setelah bada Isya, DKM Nuur Hidayah menyelenggarakan acara pembukaan Kajian Kitab Riyadus Sholihin yang dibarengi dengan acara Halal Bil Halal.


Acara dihadiri oleh para jamaah masjid Nuur Hidayah dan kaum muslimin muslimat wilayah Perumahan Griya Cimangir. Selain itu hadir pula para pengurus DKM dan beberapa tokoh masyarakat. Acara dibuka dengan pembacaan kalam ilahi oleh ustadz Sutrisno dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua DKM Bpk. H. Setia Basuki. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan agar jangan dikerenakan perbedaan, kita menjadi bercerai berai. Kita harus selalu ingat akan motto Masjid Nuur Hidayah “ Bersatu dalam aqidah, berjamaah dalam ibadah dan bertoleransi dalam khilafiyah “. Setelah itu juga disampaiakn Pembacaan dan penyerahan laporan Kegiatan ramdhan 1440 H yang disampaikan oleh Koordinator Kegiatan Ramdhan 1440 H Ust. Abdul Rasyid.


Dalam kesempatan ini juga disampaikan beberapa tauhiah oleh Penasihat DKM Nuur Hidayah oleh Ustad, Jaeni MJ. Dalam ansihatnya beliau menyampaikan agar kita hendaknya selalu berusaha melakukan kebaikan dengan 3 M ; Mulai dari hal yang kecil, Mulai dari diri kita dan Mulai dari sekarang. Selain itu belaiu menyampaikan bahwa ada dua hal penting dalam menjaga silaturahmi dan ukhuwwah yaiutu kita harus berlaku jujur dan memposisikan diri dan bukan menonjolkan diri.


Sesi acara yang cukup penting adalah kajian atau Tauhisiah yang disampaikan oleh pengasuh kajian Kitab riyadus Sholihin Ust. DR. Abdul Ghoni, M.Hum. Dalam mauidzoh hasanah nya beliau menyampaikan bahwa hanya Allah lah yang dapat meyatukan hati diantara manusia, seperti dikutip dalam Surat Al-Imron ayat 103 :
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”
Beliau juga menyampaikan bahwa segala perbedaan akan dapat dipecahkan dengan ilmu dan jadikan masjid sebagai pusat kajian ilmu bagi kita dan anak keturunan kita.


Acara ditutup dengan pembacan Doa oleh Ustadz Khairul Shaleh dan dilanjutkan dengan Saling Bermaaf maafan diantara jamaah, setelah itu dilanjutkan dengan ramah tamah.

Semoga dengan terselanggaranya acara ini dapat menjadi perekat ukuwwah dan menjadi penyemangat bagi jamaah untuk dapat memulai kembali aktif mengikuti kegiatan kegiatan peribadatan dan dakwah yang dilaksanakan oleh DKM Nuur Hidayah. (why)*

Foto Kajian & Halal Bil Halal