SEKILAS INFO
  • 2 minggu yang lalu / Alhamdulillah..telah memeluk islam dengan kesadaran sendiri Ibu Hardina Maharini Warga Griya Cimangir Blok A5 No 1. Gunungsindur Kab Bogor
  • 1 tahun yang lalu / Mari dirikan sholat karena sholat adalah tiang agama
WAKTU :

Tadabbur Surat Thaha Ayat 132

Terbit 18 September 2021 | Oleh : admin | Kategori : TAUSHIAH / Tsaqofah
Tadabbur Surat Thaha Ayat 132

Ust. Abdul Ghoni, M.Hum

Mujahadah Mengajak Keluarga Shalat

Shalat adalah barometer kesuksesan seseorang di akhirat. Jika shalat seseorang beres, maka orang tersebut sukses dalam kehidupannya di akhirat. Sebaliknya, jika shalat seseorang tidak beres, maka kehidupan akhiratnya bermasalah. Hal tersebut secara eksplisit disebutkan oleh Nabi dalam hadits riwayat Abu Daud dan Nasa’i.
Hadits di atas menunjukkan bahwa yang dihisab pertama kali oleh Allah adalah kewajiban manusia yang berhubungan dengan hak Allah. Shalat adalah hak Allah utama yang menjadi materi permeriksaan kelak.

Dalam surat Thaha ayat 132, di penghujung juz yang ke-16, Allah menjelaskan betapa pentingnya pendidikan shalat dalam keluarga. Ayat tersebut berbunyi:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ
Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa

Di dalam tafsir dijelaskan, jika ada perintah tentang sesuatu, maka segala hal yang berhubungan dengan perintah tersebut juga perlu dilakukan. Segala hal yang menjadi sarana terlaksananya ibadah shalat, juga menjadi bagian dari kewajiban yang perlu dipenuhi, termasuk di dalamnya kewajiban untuk mengajarkan anak terkait dengan syarat, rukun, dan sunnah dalam melaksanakan ibadah shalat, serta hal-hal yang dapat membatalkan shalat.

Kadangkala seseorang mengharapkan anak-anaknya dapat melaksanakan ibadah shalat dengan baik dan sempurna, akan tetapi upaya pembekalan pengetahuan yang disampaikan belum maksimal. Wawasan yang diberikan kepada keluarga tentang kewajiban shalat masih sangat minim. Hal ini akan berimbas pada inkonsistensi pelaksanaan ibadah yang paling utama tersebut.

Hal urgen lain yang disebutkan pada ayat di atas adalah perintah Allah kepada orangtua untuk memiliki kesabaran dalam bermujahadah saat memerintahkan anaknya shalat. Hal ini mengisyaratkan bahwa upaya merealisasikan perintah tersebut adalah sesuatu yang tidak mudah.

Imam al-Qurthuby menjelaskan kebiasaan Rasulullah setelah turunnya ayat tersebut untuk selalu mengingatkan keluarganya akan perintah shalat. Bahkan Nabi seringkali mengarahkan keluarganya untuk menjalankan shalat sunnah ketika ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam kehidupannya. Hal ini sejalan dengan kebiasaan Nabi untuk melaksanakan shalat ketika sedang dalam kesulitan, seperti dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Abu Daud yang berbunyi:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا حزبه أمر صلى
Bahwasanya Rosulullah saw ketika sedang menghadapi masalah, langsung menegakkan sholat

Imam al-Baghawi menambahkan adanya perintah shalat kemudian bersabar dalam memerintahkan keluarga saat melaksanakannya, berbanding lurus dengan keutamaan shalat dalam perjalanan hidup di dunia. Mereka yang melaksanakan shalat akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Shalat menjadi semacam vaksin yang dapat membentuk antibodi seseorang agar tercegah dari berbagai keburukan. Jika vaksin dibuat untuk virus tertentu dan tidak berlaku untuk virus yang lain, sementara shalat adalah vaksin untuk semua virus kemungkaran yang dapat menular pada diri manusia.

Dengan demikian shalat adalah ibadah yang membutuhkan perjuangan dalam merealisasikannya baik untuk pribadi ataupun orang lain, sekaligus shalat merupakan ibadah yang dapat dilakukan saat seseorang menghadapi kesulitan dalam hidupnya, seperti yang dicontohkan oleh Nabi SAW. Lebih dari itu, shalat adalah vaksin dari berbagai virus yang membahayakan ruh atau jiwa manusia.

Yuk gemarkan shalat pada diri dan keluarga kita!

SebelumnyaTadabbur Surat al-Kahfi ayat 49 SesudahnyaTadabbur Surat Al-Balad Ayat 11-14

Berita Lainnya