SEKILAS INFO
  • 3 minggu yang lalu / Alhamdulillah..telah memeluk islam dengan kesadaran sendiri Ibu Hardina Maharini Warga Griya Cimangir Blok A5 No 1. Gunungsindur Kab Bogor
  • 1 tahun yang lalu / Mari dirikan sholat karena sholat adalah tiang agama
WAKTU :

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1440 H

Terbit 7 April 2019 | Oleh : admin | Kategori : BERITA
PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1440 H

Gunungsindur (7 April 2019), – Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan momen besar dan bersejarah bagi umat islam. Peristiwa yang dikenal dengan diperjalankannya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Sidratul Muntaha. Dari peristiwa Isra Mi’raj ini Nabi Muhammad mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT akan kewajiban menegakkan sholat 5 waktu bagi orang orang yang beriman.

Peristiwa Isra Mi’raj yang dijelaskan dalam surat Al-Isra ayat 1 :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (QS. Al-Isra` : 1),banyak diperingati oleh umat islam. Begitupun dengan DKM Nuur Hidayah, pada tanggal 7 April 2019 melaksanakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjid Nuur Hidayah. Dengan mengambil tema “Bersatu Dalam Aqidah, Berjamaah Dalam Ibadah dan Bertoleransi dalam Khilafiyah” ini dihadiri oleh para jamaah dan kaum muslimin muslimat yang berlokasi di Perumahan Griya Cimangir. Kegiatan ini diisi dengan Taushiah Hikmah dari para Guru dan Ustadz yang mengisi kegiatan kajian di Masjid Nuur Hidayah. Selain itu acara juga dimeriahkan oleh penampilan Tim Hadroh Al-Gouth dan penampilan dari Santriwan dan Santriwati Taman Quran Firdaus.

Acara dibuka dengan pembacaan Tilawatil Qur’an, yang dilanjutkan dengan Pembacaan Maulid Manakib Simtud Duror. Pada kesempatan ini juga disampaikan kata sambutan dari Ketua DKM Nuur Hidayah Bpk. H. Setia Basuki. Beliau menyampaikan kepada para jamaah, rasa syukur kepada Allah karena kita dapat dikumpulkan dalam kegiatan isra miraj ini yang dengan ini kita diwajibkan melaksanakan sholat 5 waktu. Selain itu beliau juga meyampaikan perihal kegiatan Masjid Nuur Hidayah terkait dengan persiapan menyambut bulan ramadhan dan DKM berusaha dengan keras agar dapat mengakomodir seluruh jamaah yang ada dengan keanekaragaman warna. Beliau juga menyampaikan sosialisasi beberapa kegiatan Masjid Nuur Hidayah baik yang telah dan sedang berjalan maupun yang akan diagendakan.

Acara inti pada kegiatan ini adalah Taushiah Hikmah dari para penceramah yang merupakan para ustadz dan guru yang mengisi beberapa kajian rutin di Masjid Nuur Hidayah diantaranya : Ustadz Ade Mulyana, Ustadz Ihsan Al-lambaqy dan Ustadz Abdul Ghoni. Pada kesempatan taushiahnya Ustadz Ade Mulyana menyampaikan tentang keutamaan bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan Allah menutup pintu pintu neraka, membuka seluas luasnya pintu pintu surga dan membelenggu syaithan syaithan. Selain itu Ustadz Ihsan Al-lambaqy juga menyampaikan tauhiahnya kepada para jamaah terkait dengan keutamaan sholat. Sholat dapat menjadi solusi bagi umat islam dalam menghadapi problematika kehidupan. Posisi kita dihadapan Allah bergantung bagaimana kita memperlakukan kewajiban sholat. Jika kita meremehkan sholat maka Allah pun akan meremehkan kita atau tidak memperhatikan kita dan sebaliknya jika kita mengutamakan sholat maka Allah pun akan mengutamakan dan memperhatikan kita. Sholat diawal waktu merupakan salahsatu amalan utama yang sangat dicintai Allah SWT.

Taushiah pamungkas disampaikan oleh ustadz Abdul Ghoni , dalam taushianya beliau menyampaiakn akan hikmah peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Isra Mi’raj sejatinya membangun optimisme bagi seorang muslim, bahwa jika Allah telah berkehendak maka tidak ada satupun orang yang dapat menghalangi. Bagi seorang muslim tidak ada kata “jalan buntu” karena sesungguhnya ujian diberikan untuk menaikan kelas keimanan seorang muslim. Karena di dalam kesulitan ada kemudahan seperti yang dikutip dalam surat (Al-Insyirah : 5-6). Isra miraj juga mengandung hikmah penggembiraan bagi Nabi yang pada saat itu sedang mengalamai kesedihan karena ditinggal wafat oleh Paman dan Istri beliau. Selain itu Isra Miraj juga mengandung hikmah bahwa siapapun dapat berpeluang menjadi baik bahkan terbaik, hal ini dapat kita ambil pelajarannya dari kisah Bilal bin Rabah, seorang budak hitam legam yang karena keimanannya yang kuat menghadapi ujian, maka bunyi sendal/terompahnya terdengar di surga. Allah yang maha berkuasa, bersama Allah dibalik ujian ada kemudahan.

Alhamdulillah acara Isra Miraj dapat berjalan dengan lancar dan hikmat. Acara yang dimulai pukul 08.00 ini diakhiri dengan doa penutup dan sholat dzuhur berjamaah. (why/humas)

SebelumnyaDMI AKAN SELENGGARAKAN SILATNAS GERAKAN NASIONAL SEMARAK SesudahnyaIsra’mi’raj dan Optimisme

Berita Lainnya