SEKILAS INFO
  • 3 minggu yang lalu / Alhamdulillah..telah memeluk islam dengan kesadaran sendiri Ibu Hardina Maharini Warga Griya Cimangir Blok A5 No 1. Gunungsindur Kab Bogor
  • 1 tahun yang lalu / Mari dirikan sholat karena sholat adalah tiang agama
WAKTU :

PESANTREN KILAT CERIA MASJID NUUR HIDAYAH

Terbit 4 Juni 2018 | Oleh : admin | Kategori : BERITA
PESANTREN KILAT CERIA MASJID NUUR HIDAYAH

Cimangir (04062018) – ……”Adik adik…Siaap..! Adik ..adik..Siaap..!. Apa kabar hari ini adik adik ? “..Alhamdulillah ..Luar Biasa..Allahu Akbar..! Begitulah teriakan semangat dari para peserta Pesantren Kilat Ceria Masjid Nuur Hidayah. Anak anak begitu Ceria dan bersemangat mengikuti acara demi acara yang dilaksanakan oleh penyelenggara. Walaupun sedang melaksanakan puasa mereka tetap bersemangat.

Pada Ramadhan 1439 H ini, DKM Nuur Hidayah menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang salah satunya adalah Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) Ceria yang diperuntukan bagi peserta anak usia kelas 1 – 6 Sekolah Dasar dan acara dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 2 – 3 Juni 2018.

Kegiatan ini baru pertama kali diadakan DKM Nuur Hidayah, namun begitu, antusias para jamaah sangat tinggi untuk mendaftarkan anak ankanya mengikuti kegiatan Sanlat Ceria. Panitia penyelenggara menargetkan jumlah peserta sebanyak 70 peserta, akan tetapi dikarenakan antusias yang cukup tinggi dari para jamaah dan warga cimangir, maka terdata sebanyak 92 anak yang mendaftar pada acara sanlat ini. Ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah peserta sebanyak 22 anak, berarti ada peningkatan sebesar 31,42% dari jumlah peserta yg semula 70 peserta. Acara Sanlat dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Bpk. Haji Hafidz, selaku Pengurus DKM Nuur Hidayah.

Kegiatan Sanlat Ceria ini diisi dengan berbagai acara yang sangat menarik dan bermanfaat untuk anak anak, diantaranya : Materi Islam dan Sains, Tadarus, iqro dan Murojaah, Games asyik dan Seru, Lomba Yel yel kelompok, Pemutaran Film Islami, Game ranking satudan Buka Puasa Bersama.

Pada materi islam “Ma’riafatulloh yang disampaikan oleh Bu Iin (Pemerhati dan Praktisi Pendidikan, Ketua DINAR / Dunia Islam Anak dan Remaja BSD dan Founder Komunitas Sahabat Guru Mulia) dibawakan dengan cara yang menarik dengan menggunakan boneka sebagai media penyampaian cerita.
Pada Materi Shiroh Nabawi yang dibwakan oleh Ustadz Rasyid, anak anak dibawa dalam alur cerita Thoriq bin Ziyad setelah itu para peserta diajak untuk melakukan simulasi berperang dengan cara permainan dengan menggunakan balon.

Pada keesokan harinya materi dilanjutkan dengan Pemutaran Film Islami yang dibawakan oleh Pak Wahyudin. Pada sesi ini ditampilkan 2 film yaitu pemutaran film pendek inspirasi kebaikan dan pemutaran film kisah para nabi yang mengambil tema Kisah peperangan antara pasukan Thalut melawan Jalut yang didalamnya diceritakan bagaimana Daud dapat mengalahkan raja Jalut yang kuat dan Dzolim.

Pada sesi materi sains yang dibawakan oleh Bu Mia yang dibantu oleh para remaja masjid, anak anak dijelaskan terkait beberapa ilmu sains yang juga dijelaskan dalam ayat Alquran. Anak anak sangat terterik dikarenakan mereka ikut juga mempraktekkan terkait dengan teori sains yang dijelaskan pemateri. Selain materi para paserta juga dibimbing oleh para mentor yang mengajari mereka mengaji dan berkreatifitas.

Acara ini semakin menarik dan tidak membosankan karena anak anak diajak untuk melakukan kegiatan seperti game, menari dan pertanyaan pertanyaan berhadiah. Diakhir acara anak diberikan souvenir sebagai kenang kenangan. Acara ditutup dengan kegiatan buka bersama di Masjid Nuur Hidayah.
Semoga dengan terselenggaranya acara sanlat ini, para peserta dapat lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar mengaji dan keislaman serta menimbulkan kreatifitas dan kemandirian. (wahyudin)

SebelumnyaMARHABAN YAA RAMADHAN SesudahnyaSHALAT GERHANA BULAN

Berita Lainnya