SEKILAS INFO
  • 3 minggu yang lalu / Alhamdulillah..telah memeluk islam dengan kesadaran sendiri Ibu Hardina Maharini Warga Griya Cimangir Blok A5 No 1. Gunungsindur Kab Bogor
  • 1 tahun yang lalu / Mari dirikan sholat karena sholat adalah tiang agama
WAKTU :

Arah Ka’bah atau ‘Ain al-Ka’bah

Terbit 20 Februari 2018 | Oleh : admin | Kategori : Fiqih / TAUSHIAH
Arah Ka’bah atau ‘Ain al-Ka’bah

Seluruh ulama bersepakat bahwa menghadap Qiblat adalah bagian dari syarat sahnya shalat. Hal tersebut mengacu pada suat al-Baqarah ayat 149 yang berbunyi:
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۖ
Dan dari mana saja kamu keluar (datang), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram,
Termasuk yang menjadi kesepakatan adalah kewajiban menghadap Qiblat, adalah apabila berada di dalam Masjid al-Haram maka wajib menghadap ke Ka’bah itu sendiri.

Perbedaan pendapat terjadi bagi mereka yang hendak shalat dan tidak dapat melihat Ka’bah. Apakah yang wajib menghadap “Ain al-Ka’bah” (persis Ka’bahnya) atau “Jihah” (arah)?
Sebagian Ulama mengharuskan menghadap ke “Ain al-Ka’bah”, maka dengan alat mutakhir dapat diketahui Qiblat tersebut secara tepat. Konsekuensinya, dapat ditemukan di beberapa masjid perubahan Qiblat yang sangat terlihat, berbeda dengan awalnya saat masjid tersebut dibangun.

Sementara sebagian yang memaknai “Syatr” sebagai “al-JIhah”, maka menghadap ke arah Qiblat, sudah memenuhi syarat sahnya shalat, tanpa harus menghadap ‘Ain al-Ka’bah itu sendiri.

Adapun beberapa pengecualian keharusan menghadap Qiblat adalah shalat pada saat bepergian di dalam kendaraan atau shalat saat mengendarai kendaraan dalam peperangan. Pada saat bepergian dan peperangan, menghadap sesuai ke arah kendaraan sudah memenuhi syarat sahnya shalat. Adapun shalat di daerah baru, maka ijtihad mencari arah Qiblat menjadi satu keharusan. Jika sudah melakukan ijtihad ternyata keliru, sesungguhnya Allah tidak membebani seseorang melebihi kemampuannya sebagaimana disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 286.

By ; Ustadz Abdul Ghoni

SebelumnyaRapat DKM Nuur Hidayah Bersama Jamaah SesudahnyaKunjungan Silaturahim Komunitas Sedekah Harian ke Masjid Nuur Hidayah Cimangir.

Berita Lainnya